5 tempat wisata sungai di Banjarmasin terupdate

5 tempat wisata sungai di Banjarmasin terupdate. Selamat datang di blog kami yang akan membahas tentang 5 tempat wisata sungai terupdate di Banjarmasin! Bagi Anda yang mencari pengalaman liburan yang seru dan berbeda, kota ini memiliki banyak destinasi menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Dikenal sebagai “Kota Seribu Sungai”, Banjarmasin memang dianugerahi dengan keindahan alam sungainya yang memukau. Jadi, siapkah kita menjelajahi pesona sungai-sungai eksotis di Banjarmasin? Yuk mulai petualangan wisata kita sekarang juga!

Sungai Barito

Sungai Barito adalah salah satu destinasi wisata sungai terbaik yang harus Anda kunjungi saat berada di Banjarmasin. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Kalimantan, dengan panjang mencapai sekitar 900 kilometer! Mengalir sepanjang kota Banjarmasin, Sungai Barito menawarkan pemandangan alam yang memesona dan beragam aktivitas menarik bagi para pengunjung.

Salah satu hal yang membuat Sungai Barito begitu istimewa adalah keindahan alamnya. Dikelilingi oleh hutan bakau yang rimbun, Anda dapat menyaksikan kehidupan liar unik seperti burung-burung langka dan satwa liar lainnya. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat buaya muara yang menjadi ikon dari Banjarmasin.

Selain itu, Sungai Barito juga menyediakan banyak fasilitas untuk wisatawan. Terdapat perahu tradisional khas banjar yaitu “lanting” atau “ketinting” yang dapat digunakan untuk mengelilingi sungai sambil menikmati pemandangan sekitar. Bagi pecinta olahraga air, ada juga kegiatan seperti jetski dan tubing yang bisa dilakukan di area ini.

Bagi pecinta kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas daerah sepanjang Sungai Barito. Ada banyak rumah makan pinggir sungai atau warung-warung apung (floating market) tempat Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil merasakan suasana santai di atas air.

Jadi jika Anda ingin menjelajahi kemegahan sungai terpanjang di Kalimantan dan menikmati keind

Sungai Martapura

Sungai Martapura, sebuah sungai yang terletak di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sungai ini memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Dengan air yang jernih dan pemandangan alam yang indah, Sungai Martapura menjadi salah satu tempat wisata sungai yang wajib dikunjungi.

Salah satu hal menarik dari Sungai Martapura adalah adanya pasar terapung tradisional. Di sini, wisatawan dapat melihat berbagai macam perahu kecil dengan penjual menjual barang dagangan mereka seperti perhiasan batu permata dan barang-barang kerajinan lokal lainnya. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menyaksikan proses pembuatan perhiasan batu permata secara langsung.

Selain pasar terapung tradisional, di sepanjang Sungai Martapura juga terdapat deretan restoran dan warung makan yang menyajikan hidangan khas daerah tersebut. Wisatawan bisa mencoba berbagai menu lezat seperti ikan bakar atau soto banjar sambil menikmati suasana alami sungai.

Bagi pecinta olahraga air, Sungai Martapura juga merupakan tempat ideal untuk melakukan aktivitas water sport seperti jet ski atau banana boat. Para penggemar adrenalin pasti akan merasa senang dengan sensasi serunya bermain air di tengah arus sungai ini.

Tak lupa pula bagi para fotografer amatir maupun profesional, Sungai Martapura memberikan banyak spot foto menawan dengan latar belakang panorama alam nan indah. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen berharga

Baca Juga  5 tempat olahraga di Jakarta Utara versi kami

Sungai Cempaka

Sungai Cempaka adalah salah satu tempat wisata sungai yang terkenal di Banjarmasin. Terletak di sebelah timur Kota, Sungai Cempaka menawarkan pemandangan alam yang indah dan berbagai kegiatan menarik bagi pengunjung.

Salah satu atraksi utama Sungai Cempaka adalah penambangan intan tradisional. Pengunjung dapat menyaksikan langsung proses penambangan intan secara tradisional dengan menggunakan alat sederhana seperti gayung dan ceret. Selain itu, ada juga museum intan yang menyajikan koleksi permata dan informasi mengenai industri pertambangan intan di daerah ini.

Selain aktivitas penambangan intan, pengunjung juga dapat menikmati perjalanan memancing di Sungai Cempaka. Dengan air sungai yang jernih dan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya, memancing menjadi aktifitas favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi pecinta kuliner, tidak ada salahnya mencoba makan malam romantis tepi sungai di restoran-restoran terbaik Sungai Cempaka. Menikmati hidangan lezat sembari melihat matahari terbenam merupakan pengalaman tak terlupakan.

Jika Anda ingin merasakan sensasi petualangan yang lebih intens, Anda bisa mencoba naik perahu melintasi Sungau Cempaka hingga ke Desa Mulawarman atau Desa Rantau Binauha. Di sana, Anda dapat menjelajahi pedesaan tradisional Banjar Yang ramah tamah serta mengenal budaya setempat.

Sungguh luar biasa betapa kaya akan keindahan dan kegiatan yang ditawarkan

Sungai Negara

Sungai Negara merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Banjarmasin. Sungai ini terletak di Desa Negara, Kecamatan Alalak, sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Dengan keindahan alamnya yang masih asri, sungai ini menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menyegarkan.

Salah satu daya tarik utama Sungai Negara adalah panorama alamnya yang memukau. Air sungainya begitu jernih dengan warna hijau toska yang menyejukkan mata. Di sepanjang sungai, Anda akan melihat pepohonan rindang dan hamparan padang rumput hijau yang menghijaukan pemandangan sekitar.

Bagi pecinta olahraga air, Sungai Negara juga menyediakan berbagai macam aktifitas seru seperti arung jeram dan tubing. Aktifitas ini dapat memberikan sensasi adrenalin tinggi sambil menikmati keindahan aliran sungai.

Selain itu, ada juga spot-spot fotogenik di sepanjang Sungai Negara untuk Anda abadikan dalam foto-foto indah. Misalnya, deretan batu-batu besar di tengah sungai atau perahu-perahu tradisional yang sedang bersandar di tepian.

Jika ingin merasakan ketenangan dan kedamaian sambil menikmati suasana pedesaan Banjarmasin secara langsung, Anda bisa berkemah di tepi Sungai Negara. Dengan tidur dibawah langit malam nan cerah serta suara gemericik air sungainya sebagai teman setia semalam suntuk.

Inilah keindahan dan pesonanya yang membuat Sungai Negara

Baca Juga  RegalarTransporteEs link viral video

Rangkuman

Rangkuman

Itulah 5 tempat wisata sungai di Banjarmasin yang terupdate yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati keindahan alam serta berbagai aktivitas seru. Sungai Barito, Sungai Martapura, Sungai Cempaka, dan Sungai Negara menawarkan pengalaman unik dengan pemandangan yang mempesona.

Sungai Barito merupakan ikon Kota Banjarmasin yang tidak boleh dilewatkan. Dengan kesibukan kapal-kapal khasnya dan panorama indahnya, sungguh sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi desa-desa tradisional di sekitar sungai ini.

Sungai Martapura adalah destinasi populer untuk melihat proses penambangan intan secara langsung. Nikmati perjalanan menyusuri sungai sambil mengagumi keindahan air jernih dan kilauan batu permata di dasarnya.

Jika Anda tertarik dengan batu permata, jangan lewatkan juga Sungai Cempaka yang terkenal sebagai lokasi penambangan intan terbesar di Kalimantan Selatan. Di sini, selain melihat proses penambangan intan oleh para penambang lokal, Anda juga bisa mencoba mencari sendiri batu-batu cantik sebagai kenang-kenangan.

Terakhir ada Sungai Negara yang menawarkan pengalaman berbeda dengan suasana pedesaannya yang tenang dan dam

Untuk informasi lainnya : pikiranbaru.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *