Antrean Penumpang di Konter Check-in Bandara Soetta Mengular, Ini Komentar Dirut Garuda Indonesia

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia angkat suara perihal kepadatan penumpang yang terjadi pada masa puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com pada Sabtu (6/4/2024) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, area check-in yang paling banyak mengalami antrian adalah maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan juga Citilink.

Antrian panjang penumpang mengular bahkan hingga melewati batas garis alur yang telah disiapkan untuk penumpang melakukan boarding pass.

Penumpang terlihat tumpah ruah mengikuti antrean panjang bersama kerabat, hingga keluarganya masing-masing.

Ada juga penumpang yang membawa anak-anak yang masih berusia di bawah 5 tahun menaiki troli yang didorong orang tua mereka.

Tidak sedikit diantara mereka membawa barang bawaan yang banyak, mulai dari koper hingga kardus berukuran besar.

Puluhan petugas mulai dari Aviation Security (Avsec) hingga petugas maskapai penerbangan terlihat melayani penumpang untuk dapat menyimpan barang bawaan mereka ke dalam bagasi pesawat.

Mereka terus melayani dan mengarahkan penumpang yang tengah menunggu antrean panjang untuk melakukan keberangkatan penerbangan menuju kampung halaman.

Suasana yang riuh dan ramai pun terasa di dalam area bandara terbesar di Asia Tenggara tersebut, disertai dengan aktivitas lalu lalang para penumpang demi mencari antream tercepat.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, H-4 Lebaran 2024 merupakan puncak kepadatan penumpang, hingga menembus angka 82 ribu orang.

“Jadi hari ini puncaknya arus mudik Lebaran 2024, ada sekitar 82 ribu penumpang penerbangan se-Indonesia dengan 101 penerbangan pesawat,” ujar Irfan kepada awak media di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Untuk rinciannya, jumlah tersebut terdiri dari penumpang Garuda Indonesia sebanyak 37 ribu orang dan Citilink 44 ribu orang,” sambungnya.

Menurut Irfan, pihaknya telah menambah personel hingga counter check-in di tiap bandara yang ada di Indonesia, termasuk bandara terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga  Pantau Hitung Cepat, Gus Imin: Insya Allah Jawa Barat, DKI, Banten, Jawa Timur, Sumatera Menang

Hal tersebut tujuan untuk mengurai antrean penumpang yang panjang dan membludak, sehingga dapat meminimalisir adanya penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan.

“Kami tambah petugas check-in counter diperbanyak, mudah-mudahan tidak ada delay hari ini karena memang beberapa hari ada penumpukan penumpang sekitar hampir 30 persen setiap harinya,” tuturnya.

“Enggak ada penugasan tambahan, standar saja, tapi karena jumlah penerbangan yang banyak, jadi kita akan minta kesiagaan lebih tinggi kepada petugas,” kata dia. (m28)

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *