APK Semrawut di Jakarta Bahayakan Pengguna Jalan, Parpol hingga Penyelenggara Pemilu Dipanggil

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi DKI Jakarta bakal memanggil peserta dan penyelenggara Pemilu 2024 pada Kamis (18/1/2024) pagi.

Mereka dipanggil untuk membahas semrawutnya alat peraga kampanye (APK) di ruas jalan raya hingga membahayakan pengguna jalan.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan, pihak yang dipanggil adalah partai politik (parpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tingkat Provinsi DKI.

Selain itu, pihaknya juga akan mengundang Satpol PP DKI selaku penegak aturan daerah.

“Besok akan dilakukan rapat perapihan oleh Bawaslu, KPU, Pemda, dalam hal ini Kesbangpol dan Satpol PP bersama parpol. Acara di Balai Kota, sekitar jam 10-an,” kata Taufan saat dihubungi wartawan pada Rabu (17/1/2024).

Baca juga: APK Pemilu 2024 Dipasang di Instalasi Kelistrikan, Ini Imbauan dari PLN Bekasi untuk Hindari Bahaya

Taufan mengaku, pihaknya sudah banyak mendapat pengaduan dari masyarakat soal semrawutnya APK peserta Pemilu, salah satunya yang terpasang di jalan layang atau flyover.

APK yang dipasang parpol atau caleg ada yang copot, lepas dan menjuntai, sehingga membahayakan pengguna jalan seperti pengendara sepeda motor.

“Laporan sudah banyak, partainya sudah dibilangin benderanya nyangsang tuh, benerin,” ucap dia.

Menurutnya, pihak parpol sudah memberikan klarifikasi soal kondisi APK mereka yang mengganggu pengguna jalan.

Mereka beralasan bukan tak bisa memperbaiki APK, tetapi karena tak memiliki waktu cukup untuk ke lapangan.

Baca juga: Bawaslu DKI Minta Parpol Copot Sendiri APK di Lajur Sepeda, Kampanye Jangan Bahayakan Pengguna Jalan

“Sudah diomongin, partainya bukannya nggak bisa, tapi kurang sempat lah. Partai diminta menurunkan kembali, diharapkan partai punya ongkos pasang dan ongkos menurunkan, jadi semuanya senang,” jelasnya.

Baca Juga  tips diterima kerja di Pontianak terbaru

Diberitakan sebelumnya, sejumlah baliho atau spanduk calon legislatif (caleg) DPR RI hingga caleg DPRD DKI Jakarta, tampak berjatuhan, di sepanjang jalan Pasar Minggu hingga Tebet.

Tak hanya itu, berdasarkan pantauan wartakotalive.com, Rabu (17/1/2024), bendera partai juga tampak berjatuhan di Jalan Mampang Prapatan.

Spanduk Caleg hingga bendera Parpol itu, tampak dipasang di pagar pembatas jalan. Spanduk yang berjatuhan di jalan Pasar Minggu, didominasi oleh spanduk yang berukuran kecil.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *