Bawaslu Jakarta Barat Telusuri Caleg DPR RI Diduga Lakukan PolitikUang di Masa Tenang Kampanye

WARTAKOTALIVE.COM, TAMBORA — Tersiar informasi yang menyebut bahwa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menemukan dugaan pelanggaran politik uang yang dilakukan calon legislatif (Caleg) DPR RI di tengah masa tenang.

Diduga, politik uang itu dilakukan Caleg tersebut di wilayah Tambora, Jakarta Barat.

Terkait isu tersebut, Bawaslu Jakarta Barat mengaku akan menelusurinya.

“Sedang ditelusuri dengan Panwaslu Kecamatan Tambora,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Pengawasan Humas dan Hubungan antara Lembaga Bawaslu Jakbar Abdul Roup, saat dihubungi, Selasa (13/2/2024).

Kendati begitu, Roup tidak memaparkan lebih lanjut ihwal siapa Caleg yang terlibat melakukan hal tersebut di tengah masa tenang kampanye. 

Baca juga: Kampanye Hitam dan Hoaks Warnai Pemilu 2024, Rumah Milenial Indonesia: Jangan Terhasut Provokasi

“Kami masih telusuri, nanti kami akan jelaskan apabila sudah lengkap datanya,” katanya lagi.

Akan tetapi untuk menekan hal tersebut terjadi lagi, Roup memperkenankan apabila panitia PTPS atau KPPS hendak berpatroli untuk menemukan praktik politik uang seperti itu.

“Panitia bisa ikut berpatroli, apabila menemukan silahkan lapor berjenjang melalui Panwascam,” pungkas dia.

Sementara itu, mengutip dari Kompas.com, Bawaslu DKI Jakarta menemukan dugaan pelanggaran politik uang yang dilakukan peserta Pemilu 2024 pada masa tenang.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Benny Sabdo mengatakan, pelanggaran itu diduga dilakukan oleh salah satu calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di Tambora, Jakarta Barat.

“Ada informasi awal dugaan politik uang salah satu caleg DPR RI di wilayah Tambora,” ujar Benny. 

Berdasarkan informasi yang diterima, menurutnya bahwa politik uang itu diduga dilakukan oleh caleg DPR RI dari Partai Golkar.

“Selanjutnya, kasus dugaan politik uang pada tahapan kampanye salah satu caleg DPRD DKI di Jakarta Timur. Perkaranya sudah diproses di Gakkumdu Bawaslu Jaktim. Sudah masuk tahap pra-penuntutan,” ucap Benny.

Baca Juga  Raih Penghargaan Tokoh Kedaulatan Dinilai Pengamat Menjadi Bukti Prabowo Subianto Berkinerja Baik

Benny pun mengingatkan para peserta Pemilu 2024 untuk tidak melakukan politik uang pada sisa waktu masa tenang menjelang pencoblosan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *