Berkasus dengan Polisi, Aiman Witjaksono Justru Diklaim Bakal Terima Penghargaan Sebagai Pembela HAM

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG — Nama Aiman Witjaksono akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan publik lantaran tengah benkonflik dengan aparat kepolisian. 

Aiman yang belakangan menjabar Jubir TPN Ganjar-Mahfud diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks dan ujaran kebencian.

Pasalnya, Aiman dalam kapasitasnya sebagai jurnalis, sempat menyebut bahwa ada oknum Polri tidak netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Walhasil, ada enam laporan dibuat dan diterima oleh pihak Polda Metro Jaya.

Kamis (1/2/2024), Aiman didampingi oleh kuasa hukumnya mendatangi Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk membuat pengaduan terkait kasus yang tengah dialaminya.

Dalam pertemuannya dengan komisioner Komnas HAM, Aiman menyampaikan sejumlah aduannya berikut bukti-bukti pendukung.

Baca juga: Aiman Witjaksono Bakal Tempuh Praperadilan soal Penyitaan HP Terkait Tudingan Polisi Tidak Netral

Namun di samping itu, Finsensius Mendrifa selaku Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud sekaligus kuasa hukumnya menyebut bahwa ada hal tak terduga yang disampaikan Komnas HAM di sela-sela pertemuannya itu.

Yakni, Komnas HAM akan mempertimbangkan Aiman menjadi sosok pembela HAM.

“Mudah-mudahan nanti oleh Komnas HAM akan memberikan satu apresiasi pada saudara Aiman Witjaksono sebagai pembela HAM dan mengungkap kebenaran,” kata Finsensius di Komnas HAM, Kamis.

Baca juga: Aiman Witjaksono Laporkan Penyidik hingga Dirkrimsus Polda Metro Jaya ke Propam Polri

Menurutnya, hal itu menjadi suatu hal yang sangat berkesan.

Pasalnya, pihak Aiman memandang bajwa tindakan yang dilakukan oleh penyidik Polda Metro Jaya tidak hanya merugikan Aiman secara pribadi, melainkan juga tim pemenangan Ganjar-Mahfud.

“Kami tegaskan tadi ini ancaman serius terhadap demokrasi, ancaman serius terhadap profesi Jurnalis, terhadap wartawan,” jelas dia.

“Karena jika UU Pers selalu dikesampingkan dalam proses-proses hukum, dalam proses penyelidikan dan penyidikan, di kemudian hari kebebasan pers ini akan terancam,” lanjutnya.

Baca Juga  Mengejutkan, KPK Periksa Irwan Mussry Suami Maia Estianty Terkait TPPU Kepala Bea Cukai Yogyakarta

Hal itulah yang kemudian menjadi dasar Aiman dan kuasa hukumnya mengadu ke Komnas HAM.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *