Dishub DKI Jakarta Lakukan Pemeliharaan Lajur Sepeda di Jakarta secara Bertahap

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta akan melakukan pemeliharaan lajur sepeda secara bertahap.

Perbaikan dilakukan sesuai stagging tahun dan usia teknis perlengkapan jalan.

Kepala DInas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pemerintah telah melaksanakan kegiatan perencanaan pemeliharaan jaringan lajur sepeda APBD 2023.

Sebagai bentuk evaluasi dan optimalisasi jaringan lajur sepeda yang dibangun di Jakarta oleh konsultan, Dishub DKI Jakarta membuat beberapa rekomendasi.

Baca juga: Rusak Ditabrak Kendaraan, Stick Cone Lajur Sepeda di 13 Ruas Jalan di Jakarta Dibongkar

“(Pertama) dilakukan pemeliharaan lajur sepeda secara berkala sesuai stagging tahun dan usia teknis perlengkapan jalan sehingga terbagi menjadi 4 kurun waktu (2023-2026) dengan jumlah panjang rata-rata sebesar 80-100 km tiap tahunnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Kamis (19/10/2023).

Kedua, penggunaan paku marka jalan sebagai pengganti stick cone lebih baik ditinjau dari segi estetika, kemudahan perawatan, keselamatan dan nilai ekonomis.

Ketiga, diperlukan dukungan dari stakeholder terkait dalam melakukan perbaikan manhole lajur sepeda untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan pesepeda.

Baca juga: Jalur Sepeda Simpang Santa Dibongkar Heru Budi Hartono, Pengamat: Harus Ditata Ulang

Menurut dia, lajur sepeda masih perlu digunakan meski stick cone atau pelindung lajur sepeda di 13 ruas jalan telah dibongkar petugas.

Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, bahwa pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda, dan pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

“Pembangunan lajur sepeda sebagai upaya penanggulangan dan pemulihan dampak pencemaran udara berdasarkan Pasal 188 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021,” ucapnya. (faf)

Baca Juga  Rektor Nonaktif UP Menjalani Pemeriksaan Visum et Repertum Psikiatrikum di RS Polri

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *