Dukung Program Makan Siang dan Susu Gratis, Inkowapi Dorong Keterlibatan Koperasi dan UMKM

WARTAKOTALIVE.COM — Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis oleh pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Inkowapi Sharmila Yahya meyakini program prioritas yang ditujukan bagi siswa sekolah dari usia sekolah dasar hingga sekolah menengah ini akan membantu perkembangan anak dengan kecukupan gizi.

Sharmila Yahya menegaskan perlu adanya blueprint atau roadmap yang berkesinambungan agar tujuan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas dapat terwujud.

“Kolaborasi perlu dimaksimalkan untuk mendorong keterlibatan peran koperasi dan UMKM lokal dalam mensukseskan makan siang dan susu gratis ini,” ungkap Sharmila Yahya yang juga menjabat Ketua Komite Tetap Kewirausahaan Kadin Indonesia, dalam pernyataan resminya, baru-baru ini.

Penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Perkoperasian dan UKM tahun 2013 ini, mengusulkan roadmap ekosistem makan siang dan susu gratis harus berkesinambungan dan berkelanjutan dari sisi hulu pengembangan UMKM dan koperasi dengan mengedepankan end to end supply chain yang tepat sasaran.

”Skema penyalurannya diberikan ke siswa penerima manfaat yang disalurkan oleh koperasi dan UMKM lingkungan sekolah. Jadi koperasi sekolah juga berperan sebagai pengelola program itu sendiri,” terangnya.

Baca juga: Chicco Jerikho Viral Lagi di Media Sosial karena Penyakit Sepsis, Begini Penjelasannya

Baca juga: Tidak Pernah Kapok, Rio Reifan Kembali Ditangkap Polisi untuk Kelima Kalinya Terkait Kasus Narkoba

Roadmap yang diusulkan juga memprioritaskan penguatan basis suplai pangan yang turut memberdayakan petani, peternak, nelayan bahkan pihak sekolahan di tiap kecamatan, kelurahan hingga desa.

“Manfaat besarnya pemerintah bisa memberdayakan kemandirian sekolah dalam pengelolaan sistem perlindungan sosial di tingkat usia pendidikan,“ ujar tokoh penggerak satu juta UKM naik kelas Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2016 ini.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca Jakarta Jumt 24 November Siang dan Malam Berpotensi Hujan Petir di Selatan

Inkowapi berharap peran koperasi dan UKM bisa dimaksimalkan dalam membantu penyediaan bahan kebutuhan dari hulu hingga hilir untuk mensukseskan terlaksana makan siang dan susu gratis di setiap daerah.

“Dampaknya sangat besar bagi keberlangsungan sektor UMKM dan koperasi di setiap lingkungan sekolah dan sekitarnya,” jelas Sharmila yang juga menjabat Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). 

Program makan siang dan pemberian susu gratis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ini telah tertuang dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Baca juga: Semifinal Piala Asia U-23, STY Pede Garuda Tundukkan Uzbekistan: Waktunya Indonesia ke Olimpiade

Baca juga: Di Hadapan Kyai NU, Prabowo Subianto Ngaku Bukan Sosok Mudah Lupakan Utang Budi

Program yang dinilai multi manfaat bagi anak usia pendidikan ini, dipandang bisa berdampak positif bagi pemerataan akses pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan dan perlindungan sosial menyeluruh di setiap daerah.

”Langkah-langkah kongkret untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas bisa dilakukan mulai sekarang demi mencapai Indonesia Emas 2045,” tegas anggota kehormatan The International Council of Women (ICW)-CIF 36th tahun 2022 itu.

Artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Inkowapi Dukung Realisasi Ekonomi Sehat Lewat Program Makan Siang dan Susu Gratis.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Ikuti saluran WartaKotaLive.Com di WhatsApp: https://whatsapp.com/channel/0029VaYZ6CQFsn0dfcPLvk09



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *