Faisal Basri Mengajak Menteri Jokowi Mundur Akibat tidak Netral, Ini Prediksi Pengamat Politik

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Sikap politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak netral pada Pilpres 2024 akan berdampak fatal.

Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti, sejumlah menteri bakal menyatakan mundur setelah pelaksanaan Pilpres 2024.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi secara nyata mendukung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, yang berpasangan dengan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Mahfud MD Ingatkan Menteri-menteri Jokowi yang Korupsi, Hati-hati!

“Nanti setelah pilpres (sebagian menteri mundur). Sekarang semua masih menahan diri,” ujar Ray kepada wartawan, Rabu (17/1/2024).

Menurut Ray, para menteri yang mundur itu kebanyakan dari PDIP dan Nasdem, sekarang mereka masih menahan diri.

“Untuk sekarang mereka belum mundur dari kabinet. Sebab akan buruk terhadap partai maupun capres yang didukung oleh partai,” ujar Ray.

Sebelumnya, ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyerukan sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi mundur.

Seruan Faisal Basri itu disuarakan sebagai ungkapan kekecewaan terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi yang dianggap tidak netral di Pilpres 2024.

Baca juga: SBY: Menteri Jokowi Tawarkan Koalisi Baru, Katanya Sudah Atas Izin Pak Lurah

Jokowi dianggap berpihak pada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (menteri keuangan), Pak Basuki (menteri PUPR Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat,” ajak Faisal Basri.

“Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing,” klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Berikut ini adalah profil singkat para menteri di pemerintahan Presiden Jokowi yang terbuka mendukung Prabowo-Gibran.

Baca Juga  Lantik 3 Anggota DPRD DKI Jakarta dari PAW, Prasetyo Ingatkan Tanggung Jawab dan Dedikasi

1. Mendag Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga dipastikan mendukung Prabowo-Gibran.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *