Interupsi Pj Gubernur DKI, Justin Ungkap Maraknya Makelar Dalam Proyek Normalisasi Sungai Ciliwung

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana mengungkap adanya makelar dalam pembebasan lahan di proyek normalisasi Sungai Ciliwung.

Pengawas pemerintah daerah itu meminta Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Mengingatkan kepada Pj Gubernur bahwa terkait normalisasi Sungai Ciliwung dengan target kurang lebih enam kilometer tersebut yang tahun ini akan dilakukan progresnya dalam hal pembebasan lahan,” ujar Justin.

Hal itu dikatakan Justin saat mengajukan interupsi dalam rapat paripurna tentang penyampaian pidato Pj Gubernur terhadap Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) Gubernur DKI Jakarta Tahun 2023 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis (18/4/2024).

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur masih saja banyak biro-biro jasa yang memanggil masyarakat terkait pengurusan surat-surat,” kata Justin.

Dia berharap, kompensasi pembebasan tanah dibayar secara bersamaan.

Harapannya tidak ada kesenjangan dengan orang yang menggunakan biro jasa dengan mengurus penggantian tanah itu secara mandiri.

“Karena biro jasa ini patok dari pembayaran sebesar 2,5 persen, saya sudah terima juga kontraknya,” ucap Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta ini.

Diberitakan sebelumnya, Justin mendorong Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk mengakselerasi proses pembebasan lahan milik warga yang terdampak proyek normalisasi.

Lahan itu perlu dibebaskan karena akan digunakan sebagai jalur keluar-masuk alat berat dalam proyek normaisasi.

Dalam proses pembebasan tanah warga, Justin mewanti-wanti potensi adanya mafia tanah.

Jangan sampai mafia tanah itu berkeliaran sehingga merugikan pemerintah maupun pemilik tanah itu sendiri.

“Di RW 03 Cawang, Kecamatan Kramat Jati yang juga akan dibebaskan saya temukan ada ‘pihak luar’ yang mencoba bermain dengan beberapa oknum, sampai saya sendiri harus menghubungi Pak Heru dan audiensi lintas dinas-masyarakat-Kementerian di BPN Jakarta Timur pada 2022,” ungkap Justin pada Sabtu (2/3/2024).

Baca Juga  Chopina video link full

“Akan tetapi saya percaya bahwa seberapa beratnya pekerjaan, pada akhirnya dapat diselesaikan juga bilamana ada peran aktif dalam penyelesaiannya,” lanjut Justin. (faf) 

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *