Israel Bekukan Sejumlah Akun Kripto untuk Penggalangan Dana ke Hamas

WARTAKOTALIVECOM – Israel telah membekukan rekening-rekening mata uang kripto yang selama ini digunakan di media sosial untuk mengumpulkan donasi bagi kelompok Hamas Palestina.

Dilansir dari Reuters, menurut pernyataan pihak kepolisian, Selasa 10 Oktober 2023, dengan memanasnya perang, organisasi teroris Hamas dicurigai telah melakukan penggalangan donasi di media sosial, dan meminta publik untuk menyetorkan mata uang kripto ke rekening-rekening mereka.

“Menurut kecurigaan, dengan pecahnya perang, Hamas memulai kampanye penggalangan dana di jejaring sosial, meminta masyarakat menyetor mata uang kripto ke rekening mereka,” demikian pernyataan kepolisian Israel seperti dikutip dari Reuters.

“Unit Siber Kepolisian dan Kementerian Pertahanan segera mengambil tindakan untuk mencari dan membekukan akun-akun tersebut, dengan bantuan bursa kripto Binance, guna mengalihkan dana ke kas negara,” jelas mereka lagi.

Namun pernyataan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang berapa banyak akun yang dibekukan, atau nilai kripto yang disita.

Hingga saat ini Reuters tidak dapat menghubungi juru bicara Hamas untuk memberikan komentar.

“Selama beberapa hari terakhir tim kami telah bekerja secara real time, sepanjang waktu, untuk mendukung upaya berkelanjutan untuk memerangi pendanaan Hamas,” kata juru bicara Binance, seraya menambahkan bahwa bursa tersebut secara aktif bermitra dengan lembaga penegak hukum dan regulator global.

“Data yang kami gunakan untuk menentukan individu, alamat, dan infrastruktur yang terkait dengan organisasi tertentu berasal dari intelijen yang diberikan oleh penegak hukum dan alat investigasi yang kami, dan mitra kami, telah kembangkan,” ujarnya.

Hamas diduga telah memanfaatkan kripto sebagai metode penggalangan dana selama bertahun-tahun.

Namun pada April 2023, mereka mengumumkan akan berhenti menerima penggalangan dana melalui bitcoin kripto, dengan alasan adanya peningkatan aktivitas ‘permusuhan’ terhadap para penyumbang dana.

Baca Juga  Alasan Firli Bahuri Tidak Ditahan Hari Ini Usai Diperiksa Sebagai Tersangka di Bareskrim Polri

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *