Jabatan Sekda Karawang Kosong Juni 2024, Pengamat Ingatkan Bupati Aep Jangan Salah Pilih Sekda Baru

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Acep Jamhuri akan habis pada 5 Juni 2024. Pengamat politik Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mewanti-wanti Bupati Karawang Aep Syaepuloh jangan salah memilih Sekretaris Daerah (Sekda) baru.

Pasalnya, jika salah bisa berpengaruh dalam pencalonan sebagai Calon Bupati Karawang.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), DR. Eka Yusup mengatakan Pilkada Karawang akan tambah memanas karena bersamaan dengan pemilihan Sekda.

Jabatan Sekda yang saat ini diduduki Acep Jamhuri akan berakhir Juni 2024.

“Waktunya kan bersamaan dengan antara Pilkada dan pemilihan Sekda itu akan menambah panas  suhu politik di Karawang. Apalagi jika Aep ceroboh dalam memilih Sekda pasti akan berpengaruh dalam perolehan suara Pilkada karena suara ASN harus diperhitungkan,” kata Eka Yusuf, pada Jumat (3/5/2024).

Menurut Eka Yusuf jumlah ASN di Karawang mencapai 13.000 orang. Jumlah tersebut cukup singnifikan menjadi lumbung suara dalam Pilkada nanti.

“Seandainya jumlah ASN di kalikan keluarganya jumlahnya signifikan jadi lumbung suara nanti. Makanya bupati Aep harus hati-hati memilih sekda. Paling tidak Sekda kedepan harus disukai oleh ASN,” katanya.

Eka Yusuf mengatakan suara ASN dalam Pilkada nanti harus diperhitungkan oleh bupati Aep. Meski menjadi bupati tidak otomatis ASN akan memilih Aep. Oleh karena itu kebijakan Aep menyangkut nasib ASN harus diperhatikan.

“Sekda itu pemimpin tertinggi di ASN jadi memilih Sekda itu harus mempertimbangkan suara ASN,” katanya.

Kembali lagi Eka Yusuf menegaskan, jika bupati Aep salah dalam memilih Sekda bisa dipastikan suara ASN dalam Pilkada nanti akan turun.

Jika sudah seperti itu Aep akan kehilangan potensi kantung suara yang seharusnya bisa dimanfaatkan. “Pemilihan Sekda bisa berdampak dalam Pilkada bisa jadi ASN tidak mendukung Aep jika salah dalam memilih Sekda,” katanya.

Baca Juga  Tempat Jogging Di Kota Bandar Lampung Terkini

Diketahui sendiri, Acep Jamhuri diperkirakan tidak akan lagi menjadi Sekda Karawang. Selain masa jabatan habis, juga kemungkinan besar maju sebagai calon bupati karawang pada Pilkada 2024.

Asisten Komisi Aparatur Sipil Negara ( KASN ) RI, Agustinus Sulistyomenyampaikan bilamana Sekda Acep mau mencalonkan Bupati wajib mundur sebagai ASN saat penetapan calon.

“Sesuai UU 20 tahun 2023 pasal 56 beliau ( Sekda Acep-red) wajib mundur secara tertulis pada saat penetapan calon, wajib mundur sebagai ASN nya,” ungkap Agustinus beberapa waktu lalu di Gedung Lantai 3 Kantor Bupati Karawang.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *