Jelang Debat Ketiga Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Tegaskan Sikap Mendukung Palestina

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Dukungan terhadap Palestina untuk lepas dari penjajahan Israel  bakal ditunjukkan Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat ketiga Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Ngudi Astuti merespons tema debat ketiga di dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Rabu (3/1/2024).

“Yang jelas, kita yang selama ini adalah tetap membela Palestina, karena negara Palestina tidak ada hukum untuk menyerang negara lain kalau negara itu berdaulat,” ucapnya.

Sikap tersebut, dinilai sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno pada saat Konferensi Asia Afrika.

Baca juga: Bantah Ide Tunda Program Bansos, TPN: Tidak Mungkin, Itu Hak Rakyat dan Ganjar-Mahfud Pro Rakyat

“Jadi apa yang dikatakan oleh Bung Karno pada KAA, Konferensi Asia Afrika Dasasila Bandung itu, bahwa sejak dari tahun 1955 Indonesia tetap membela Palestina sebagai sebuah negara yang harus merdeka dari penjajahan Israel,” jelas Tuto.

“Artinya, mulai dari zaman Soekarno sampai detik ini kita tetap konsisten untuk membela Palestina,” katanya.

Bukti nyata dukungan terhadap kemerdekaan Palestina pun sudah ditunjukkan Ganjar salah satunya saat Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Indonesia.

“Waktu Piala Dunia, ketika kontingen Israel itu mau datang ke Indonesia, maka Ia (Ganjar Pranowo) menolaknya, sehingga Piala Dunia U-20 tidak jadi di Indonesia. Itu adalah bentuk dari komitmen bangsa Indonesia untuk membela negara Palestina,” ungkap Tuti.

Baca juga: Jubir TPN Ganjar-Mahfud Sebut Rizal Ramli Figur Pejuang Kebenaran, Aiman Witjaksono: Sosok Kritis

“Yang kedua memberikan bantuan kemanusiaan dan yang ketiga, jelas akan ikut dalam organisasi Konferensi Islam untuk membela Palestina dan juga PBB supaya berfungsi sebagai perdamaian internasional menghentikan peperangan yang ada di Palestina dengan Israel dan tidak jatuh korban-korban kemanusiaan yang tidak bersalah di Palestina,” ujarnya.

Baca Juga  Prabowo Menang 74 Juta Anak Makan Gratis, Hashim Djojohadikusumo: Tim Kami Kaji ini Bisa Jalan

Sebagai informasi, debat ketiga Pilpres 2024 dijadwalkan akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024.

Tema yang akan diusung pada debat ketiga adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Dalam debat ketiga, ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Prabowo akan memperlihatkan bagaimana gagasan dan pandangan soal tema tersebut.

(Kompas.tv)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *