Jelang Natal 2023, Polres Tangerang Kerahkan Tim Penjinak Bom di Gereja yang Rawan

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG – Polres Metro Tangerang Kota kerahkan Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Brimob untuk menyisir sejumlah gereja.

Pengerahan Tim Jibom itu dilakukan, guna mengamankan jalannya perayaan ibadah malam Natal 2023

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

“Ini demi menjaga perayaan Natal 2023 di Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang kota, Polda Metro Jaya agar berjalan berjalan aman, damai dan lancar,” ujar Zain, Minggu (24/12/2023).

Kemudian Zain menjelaskan, sterilisasi dari gangguan bahan peledak di gereja-gereja yang ada di Tangerang itu dilaksanakan oleh Detasemen Gegana Brimob Polda Metro Jaya.

Skala prioritas pengamanan dilakukan Polisi pada gereja-gereja yang memiliki jamaat yang besar dan memiliki potensi kerawanan yang tinggi.

Baca juga: Jadwal Misa Natal 24-25 Desember dari Keuskupan Agung Jakarta, Termasuk Gereja Katedral

Adapun gereja yang sudah disterilisasi ialah di Gereja Santo Agustinus, Gereja Gereja Santa Maria, Gereja Santa Bernadette, serta Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang ada di kawasan Modern Land.

“Kegiatan sterilisasi, kita fokuskan pada gereja-gereja yang memiliki jamaat dalam jumlah besar dan potensi kerawanan yang tinggi,” kata dia.

“Kendati demikian, seluruh gereja di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota telah dilakukan sterilisasi dan pengamanan oleh personel pengamanan yang ditunjuk,” sambungnya.

Adapun titik area yang dilakukan sterilisasi adalah area altar gereja, area kursi jemaat, area patung santa maria, ruang konsultasi jemaat, ruang tunggu pastor, ruang persiapan panitia, ruang audio kontrol, perparkiran, hingga toilet. 

“Sterilisasi berjalan lancar dan tidak ditemukan benda-benda mencurigakan. Tentu dengan begitu diharapkan pelaksanaan ibadah bagi saudara-saudara kita umat Kristen ini, dapat berjalan aman dan lancar,” paparnya.

Baca Juga  TKN Prabowo-Gibran Gelar Rapat Perdana, Airlangga: Bahas Hal Strategis Hingga Kampanye

Menurutnya, sebelum melaksanakan sterilisasi Tim Jibom terlebih dahulu melihat jadwal pelaksanaan Ibadah di masing-masing gereja.

Baca juga: Jadwal Misa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gereja Seluruh Jakarta, Tangerang, Bekasi

Hal itu dilakukan dengan cara melakukan koordinasi dengan koordinator pengamanan internal atau panitia perayaan Natal 2023 pada setiap gereja.

“Semua Gereja dilakukan SOP yang sama kita libatkan seluruh stakeholder termasuk jajaran samping yakni TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom dan Pokdar Kamtibmas,” tuturnya.

“Namun yang pasti dan lebih penting Tim Jibom akan lakukan sterilisasi terlebih dulu, sebelum jemaah melakukan ibadah perayaan Natal 2023,” jelaa Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. (M28)

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *