Kenali 4 Tanda Penyakit Gusi yang Perlu Dikonsultasikan ke Spesialis Periodonsia

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Dalam upaya menjaga kesehatan mulut yang optimal, peran spesialis periodonsia menjadi semakin krusial.

Kesehatan gusi yang baik bukan hanya masalah estetika, tetapi juga merupakan fondasi penting untuk mencegah komplikasi serius yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Periodonsia adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang berfokus pada diagnosis, pencegahan, dan penanganan penyakit periodontal.

Periodontis dapat membantu mengatasi kondisi gingivitis dan periodontitis, yang merupakan peradangan pada gusi dan jaringan penyangga gigi.

Lalu, apa penyebab penyakit gusi?

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia, drg. Cindy Aryani Hokardi, Sp.Perio mengatakan, penyakit gusi umumnya disebabkan oleh penumpukan plak bakteri di sekitar gigi dan gusi.

Jika plak tidak dihilangkan dengan baik melalui penyikatan gigi dan flossing secara teratur, plak dapat mengeras dan berubah menjadi karang gigi atau kalkulus, yang lebih sulit dihilangkan dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Ilustrasi gusi. Kenali empat tanda penyakit gusi sebagai indikator untuk pergi ke spesialis periodonsia.

“Bakteri dalam plak dan karang gigi menghasilkan racun yang mengiritasi gusi, menyebabkan peradangan dan penyakit gusi tahap awal (disebut gingivitis),” ungkap drg. Cindy seperti dikutip dalam Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong, Selasa (9/1/2024).

Jika tidak diobati, lanjut drg. Cindy, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis, dimana infeksi menyebar di bawah garis gusi, menyebabkan gusi terlepas dari gigi dan menyebabkan hilangnya tulang dan jaringan.

Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan dan perkembangan penyakit gusi:

  • Kebersihan mulut yang buruk.
  • Penggunaan tembakau.
  • Predisposisi genetik.
  • Perubahan hormonal.
  • Obat-obatan tertentu.
  • Penyakit sistemik seperti diabetes.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah.

Berikut 4 tanda Anda mungkin perlu pergi ke spesialis periodonsia

1. Gusi Anda berdarah

Jika Anda melihat adanya pendarahan saat membersihkan gigi dengan benang atau menyikat gigi, ini merupakan indikator awal bahwa kesehatan gusi Anda mungkin sedang bermasalah.

2. Gusi Anda bengkak dan lunak



Quoted From Many Source

Baca Juga  Sama-sama Keras, Lanjutkan Proses Hukum, Inara Rusli Buka Pintu Maaf untuk Virgoun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *