Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 11 Maret 2024, Ini Golongan yang Tidak Wajib Buasa

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA– Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriyah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

Keputusan itu tertuang dalam surat keputusan Hasil Hisab Awal Ramadan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah 1445 Hijriah yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhaimmadiyah.

Keputusan itu ditandatangani oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Hamim Ilyas.

Dalam keputusan itu dijelaskan, penetapan 1 Ramadan 1445 jatuh pada 11 Maret 2024 dengan beberapa hasil perhitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Seperti dilansir Kompas.com, dalam keputusan itu dijelaskan, pada 10 Maret 2024 diperkirakan saat matahari terbenam, bulan sudah berada di ufuk wilayah Indonesia kecuali bagian Indonesia Timur seperti Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Perhitungan hisabnya, saat matahari terbenam di Yogyakarta 10 Maret 2024, bulan berada di ketinggian -07 derajat di poisisi 48 lintang selatan dan 110,21 bujur timur.

Selain menetapkan awal Ramadhan, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah juga menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah yang bertepatan pada 10 April 2024.

Dalam penjelasannya, seluruh wilayah Indonesia sudah masuk hari Lebaran pada 10 April nanti.

Perhitungan lainnya yaitu hari raya Idul Adha atau bertepatan dengan hari ibadah haji 10 Zulhijah 1445 Hijriah. Majelis Tarjih PP Muhammadiyah menetapkan Idul Adha pada 17 Juni 2024.

Mereka yang boleh tidak berpuasa

Mengutip laman resmi PP Muhammadiyah, ada beberapa golongan orang yang diperbolehkan tidak puasa karena kondisi mereka, yaitu :

1. Anak Belum Usia Baligh

Anak-anak yang belum mencapai usia baligh, baik karena belum keluar air mani bagi anak laki-laki atau mengalami haid bagi anak perempuan, atau yang belum mencapai usia remaja pada umumnya diperbolehkan tidak puasa, kecuali sebagai sarana untuk mengenalkan dan melatih mereka untuk berpuasa.

Baca Juga  Tak Dibela Ibu Kandung, Bocah yang Dirudapaksa Ayah Tiri Kini Alami Trauma Berkepanjangan

2. Orang Sakit



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *