Penumpang Kereta Hampir Melahirkan di Dalam Gerbong, Beruntung Segera Dilarikan ke Rumah Sakit

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR – Cerita unik mudik lebaran, dialami seorang penumpang kereta api jarak jauh bernama Meliana ingin melahirkan saat perjalanan menuju kampung halamannya di Desa Cepu, Blora, Jawa Tengah dari Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024).

Meliana merasakan akan melahirkan ketika kereta api tersebut mendekati stasiun Tegal dengan posisi tempat duduk berada di bordes antara eksekutif 4 dan 5.  

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko membenarkan hal itu dan beruntung penumpang lain ada yang berprofesi sebagai dokter bernama Rina Pratiwi dan Bidan Puskesmas bernama Feni Wulandari membantu Meliana.

“Selanjutnya Kondektur KA Sembrani melaporkan kejadian tersebut ke Pusat Pengendali Pelayanan untuk dikoordinasikan dengan Petugas terkait agar segera dibawa ke Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (Pusdalopka) 4 Semarang dan Posko Kesehatan Tegal supaya dilakukan pertolongan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat.

Menurut Ixfan, saat menuju pos kesehatan Tegal, posisi kepala bayi sudah keluar. 

Baca juga: Obati Rindu Gagal Mudik Lebaran ke Lahat, Pasangan Asal Serang Ini Pilih Berlibur ke TMII

Masih kata Ixfan, petugas di Poskes tersebut langsung menerjunkan ambulans untuk dibawa ke rumah sakit Islam Harapan Anda, Tegal, Jawa Tengah.

Ia mengaku, atas bantuan dari sejumlah orang yang begitu cekatan, bayi berjenis kelamim laki-laki berhasil dilahirkan secara normal dan selamat.

“Atas kejadian tersebut PT Kereta Api Indonesia memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah membantu Ibu Meliana yang sedang dalam proses melahirkan di kereta api serta tim KAI yang memberikan responsif untuk membantu,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada para penumpang yang sedang hamil sebelum berangkat naik kereta agar bisa melapor terlebih dahulu ke petugas.

Baca juga: 700 Ribu Pemudik Tinggalkan Jawa Melalui Pelabuhan Merak dan Ciwandan Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Baca Juga  Ustaz Dasad Latif Hanya Posting Prabowo Meski Anies Hadiri Mujadalah Kiai Kampung, Dukung Prabowo?

Selain itu, Ixfan berharap adanya surat keterangan dari dokter bahwa penumpang tersebut bisa melakukan perjalanan jauh.

Sehingga, pihak PT KAI bisa memprioritaskan penumpang yang sedang hamil tersebut.

“Ketentuan untuk ibu hamil untuk melakukan perjalanan KA, wajibkan untuk didampingin 1 penumpang dewasa bagi kehamilan 14 sampai 28 minggu, dan bagi usia diatas 28 minggu harus menyertakan keterangan dokter terakhir pemeriksaan kandungan,” terangnya. (m26)

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *