Pesawat Pelita Air Rute Surabaya-Jakarta di Bandara Juanda Gagal Take Off, Diduga Ada Bom

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Beredar informasi adanya ancaman bom di Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda, Jawa Timur, Rabu (6/12/2023).

Hal tersebut diketahui dari unggahan akun X atau Twitter @GerryS.

Akun itu menyebut pesawat Pelita Air dengan nomor penerbangan IP205 PKPWD tujuan Surabaya-Cengkareng tak jadi lepas landas atau take off karena ada bom.

Penerbangan dikabarkan tertunda selama kurang lebih dua jam, dari seharusnya berangkat pukul 13.00 WIB telat sampai pukul 15.00 WIB.

“Pesawat udah di runway siap take off tapi gak jalan jalan. Menurut info sementara ada penumpang yang bercanda masukin bom ke kabin pesawat. Ini masih subject to confirmation,” tulis akun itu, dikutip Rabu.

Baca juga: Detik-detik Pendaki Bersembunyi di Tengah Erupsi Gunung Marapi, Dengar Suara Seperti Pesawat Tempur

Beredar juga sejumlah anggota dari Gegana mendatangi pesawat tersebut untuk meminta pilot dan kru turun.

Sementara itu, Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan pihaknya tengah melakukan pengecekan.

“Kami sedang mengecek ke petugas bandara dan pihak yang terkait. Mohon waktu,” kata dia, kepada wartawan, Rabu. 

Di sisi lain, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar menuturkan pesawat Pelita Air itu mengalami keterlambatan penerbangan disebabkan adanya penumpang yang bercanda bawa bom. 

“Kami sampaikan bahwa pesawat Pelita Air  dengan no penerbangan IP 205 tujuan Jakarta mengalami keterlambatan penerbangan dikarenakan terdapat penumpang yang bercanda membawa bom,” ujar Sisyani, dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Ledakan Bom di Setiabudi yang Tewaskan 1 Orang Diduga Sisa Aksi Terorisme Tahun 2001

Baca juga: Pelajar SMA di Koja Bikin Ulah Prank Teror Bom Koja Trade Mall, Bawa-bawa Noordin M Top

Baca Juga  VIDEO Demokrat Maunya Moeldoko Minta Maaf ke SBY dan AHY, Jabat Tangan Saja Tak Cukup

Pesawat, lanjut dia, kemudian diarahkan ke isolated parking area untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas gabungan Bandara Internasional Juanda. 

Adapun pelaku saat ini telah diamankan dan dibawa oleh POM Lanudal Juanda. 

“Hasil pemeriksaan, tidak ditemukan ancaman dimaksud. Yang bersangkutan saat ini telah diamankan dan dibawa oleh POM Lanudal Juanda,” kata dia.

“Atas kejadian tersebut, tidak terjadi gangguan operasional penerbangan dan masih berjalan dengan normal,” sambungnya. (m31)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *