Presiden Jokowi Desak Presiden Joe Biden Bantu Hentikan Kekejaman Perang di Gaza

WARTAKOTALIVECOM – Bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pesan terkait gencattan senjata di kawasan Jalur Gaza.

Dalam pertemuannya dengan Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC pada Senin (13/11/2023) waktu setempat.

Berbicara dengan Joe Biden, Presiden Jokowi menyampaikan pesan terkait gencatan senjata di kawasan Gaza kepada Presiden Biden.

Dikutip dari AFP pada Selasa (14/11) menurut Jokowi, AS juga bisa berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza sebagai akibat dari konflik Hamas-Israel.

“Indonesia juga berharap kemitraan kita dapat berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran regional dan global. Oleh karena itu, Indonesia meminta AS untuk berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza,” jelas Jokowi

“Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” kata Jokowi lagi.

Kemudian Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas undangan yang diberikan Joe Biden kepadanya untuk datang ke Gedung Putih.

“Sekali lagi, terima kasih undangannya Presiden Biden, terima kasih,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi yang tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, AS pada Minggu, 12 November 2023, sekitar pukul 16.20 waktu setempat.

Sebelum bertolak ke AS, Presiden Jokowi terlebih dulu menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi.

KTT tersebut diselenggarakan secara khusus untuk membahas kondisi di Palestina.

Dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (13/11/2023) dalam KTT Presiden Jokowi menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina.

“Sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi.

“Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,”jelas Presiden Jokowi.

Baca Juga  Tanggapan Ganjar Pranowo Soal Peluang Mahfud MD Jadi Cawapresnya di Pemilu 2024

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *