Reservoir Komunal Waduk Pluit Diresmikan, Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga dekat Laut

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan reservoir komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (4/10/2023) pagi.

Reservoir dibangun Perumda PAM Jaya demi kelancaran pasokan air bersih bagi pelanggan yang ada di daerah pesisir.

Dalam sambutannya, Heru menyebut pembangunan reservoir ini merupakan suatu solusi untuk bisa memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Jakarta, terutama di wilayah Penjaringan.

Dia berpesan kepada Camat, Lurah dan warga sekitar untuk menjaga aset Perumda PAM Jaya yng memang untuk kepentingan warga.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan operasional reservoir komunal Waduk Pluit, bersama kita jaga fasilitas ini untuk seluruh warga Waduk Pluit,” ujar Heru dalam peresmian reservoir komunal Waduk Pluit pada Rabu (4/10/2023).

Baca juga: Curhatan Warga dan Para Pedagang Saat Kaesang Blusukan ke Waduk Pluit

Baca juga: PDIP Bakal Cek Waduk Pluit Warisan Jokowi-Ahok yang Dipenuhi Eceng Gondok, Ida Mahmudah: Jakut Dulu

Heru mengatakan, Pemerintah DKI Jakarta lewat Perumda PAM Jaya sedang membangun instalasi serupa di daerah lain.

Nantinya air bersih akan ditampung di reservoir tersebut pada malam hari, sehingga pada pagi dan siang harinya warga yang berada jauh dari titik pompa bisa memanfaatkannya.

“Saya titip untuk dirawat, selain itu ada di lokasi lainnya. Kita mengejar waktu karena kalau kita lihat, tahun ini adalah tahun bumi terdingin artinya tahun depan dan selanjutnya cuaca akan makin panas,” ucapnya.

Menurut Heru, pembangunan reservoir ini juga untuk menjawab keluhan warga yang kesulitan mendapat air bersih.

Mulai sekarang, kata dia, diharapkan tak ada lagi warga Penjaringan terutama yang tinggal dekat dengan pinggir laut kesulitan air bersih.

Baca Juga  Burkina Faso vs Korsel: Taeguk Warriors Muda Bertekad Raih Satu Tiket ke Babak 16 Besar PD U-17 2023

“Air bersih di Jakarta untuk masyarakat cukup terjangkau, Rp 1.000 per kubik. Kalau di luar Jakarta sudah Rp 2.000. Artinya kalau menggunakan air bersih harus dengan bijak karena kebutuhan air bersih ini kan terbatas, walaupun kami sudah menjangkau titik terjauh dri pusatnya, jadi tolong dijaga dan dirawat,” pungkas Heru. (faf)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *