Sandiaga Uno Ungkap Lapangan Pekerjaan & Stabilitas Harga jadi Kunci Menuju Indonesia Berkelanjutan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno menilai, kehadiran lapangan pekerjaan dan stabilitas harga menjadi kunci menuju Indonesia yang berkelanjutan.

Apalagi pemerintah telah mengusung Indonesia Emas dengan visi dan misi untuk mengangkat derajat bangsa Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera pada 2045 mendatang.

Pengalaman panjang seorang Sandiaga sebagai entrepreneur dan kini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menjadikannya jeli.

Bukan hanya sebagai pelaku bisnis yang menciptakan peluang pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, namun juga di tingkat perumusan kebijakan publik.

Hal inilah yang membuat Blue Ocean Strategy Fellowship (BOSF) mendapuknya sebagai Distinguished Fellow dalam periodisasi Oktober 2023 hingga April 2024.

BOSF merupakan program thought leadership yang bertujuan untuk menghasilkan pendekatan inovasi yang efektif untuk memecahkan isu atau permasalahan pada sektor publik dan swasta di Indonesia. 

Sandiaga Uno memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk bertukar pikiran seputar tantangan-tantangan yang dihadapi saat ini dan solusinya.

Dalam BOSF ini, Sandiaga melihat adanya interaksi sinergi yang sangat baik antara pemerintah dan sektor swasta dan juga dengan akademia.

“Kita melihat bagaimana terobosan-terobosan inovasi dengan pendekatan Blue Ocean atau Samudera Biru ini bisa menghasilkan lapangan kerja dan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat terutama dalam menghadapi tekanan daya beli yang turun dengan menghadirkan stabilitas harga dan juga keterjangkauan harga bagi masyarakat kita,” kata Sandi dalam pertemuan terbatas BOSF Business Roundtable di Fairmont Hotel, Jakarta Pusat pada Minggu (21/4/2024).

Menurutnya, pemerintah hadir dengan kedisiplinan institusi, di sisi lain, sektor privat hadir untuk mendorong inovasi.

Oleh sebab itu, dia selalu menekankan betapa krusialnya konsep PPP (Public Private Partnership), sehingga tidak bisa yang satu berjalan sendiri tanpa yang lainnya.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca Jakarta Jumt 24 November Siang dan Malam Berpotensi Hujan Petir di Selatan

“Tentu harapannya, kita terus bergerak agar dapat menciptakan regulasi yang semakin ramah inovasi, regulasi yang mendorong inovasi dan mengurangi risiko-risiko yang selama ini dihadapi para pelaku bisnis, misalnya melalui pendekatan Big Data, AI, dan berbagai teknologi lainnya,” ungkap mantan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini.

Sementara itu CEO & Chief Designer, Blue Ocean Global Network & Blue Ocean Academy Dr. Robert Bong menyampaikan, konse yang digagas Sandiaga melalui Sandinomics terkait lapangan kerja dan stabilitas harga menjadi landasan fellowship selama enam bulan terakhir ini.

Dia menyampikan terima kasih kepada Sandiaga atas kesediaannya menjadi Distinguished Fellow BOSF.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *