Ternyata Mentan Sudah 3 Kali Diperiksa soal Diperas Pimpinan KPK, Firly Bahuri Tegas Membantah

WARTAKOTALIVECOM, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ternyata sudah 3 kali diperiksa atas kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan komisi pemberantasan korupsi (KPK).

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak di Polda Metro Jaya usai pemeriksaan terhadap Mentan Yasin Limpo pada Kamis (5/10/2023).

Kombes Ade Safri mengatakan pihaknya telah memintai keterangan terhadap 6 orang, termasuk Mentan SYL.

“Termasuk salah satunya menteri pertanian RI. Beliau dimintai keterangan sebanyak 3 kali, hari ini yang ketiga kalinya beliau diminta klarifikasi atas dugaan tindak pidana yang terjadi,” kata Ade Safri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Disamping itu Ade Safri juga menjelaskan pihaknya menerima pengaduan masyarakat (dumas) pada 12 Agustus 2023 terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian tahun 2021.

“Adapun tindak lanjut dari dumas yang diterima, selanjutnya dilakukan upaya-upaya atau langkah-langkah untuk memverifikasi dumas yang dimaksud,” katanya lagi.

Kemudian di tanggal 15 Agustus 2023, Polda Metro Jaya menerbitkan surat perintah pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) sebagai dasar pengumpulan keterangan atas informasi ataupun pengaduan masyarakat dimaksud.

Dan selanjutnya, tanggal 21 Agustus 2023 diterbitkanlah surat perintah penyelidikan.

“Sehingga tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan serangkaian upaya penyelidikan untuk menemukan apakah ada peristiwa pidana yang terjadi dari dugaan tindak pidana yang dilaporkan,” katanya.

Dalam penyelidikan ini, polisi meminta klarifikasi ke sejumlah pihak.

Untuk Permintaan keterangan ini dilakukan sejak 24 Agustus-3 Oktober.

“Terakhir tadi, bapak menteri pertanian sore tadi tiba di ruang pemeriksa Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk memberikan klarifikasi,” katanya.

Baca Juga  APK Semrawut di Jakarta Bahayakan Pengguna Jalan, Parpol hingga Penyelenggara Pemilu Dipanggil

Menanggapi adanya pemeriksaan terhadap Mentan Yasin Limpo soal dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Pimpinan KPK, Firli Bahuri membantah dengan tegas bahwa isu itu tidaklah benar.

Pernyataan Firli ini disampaikan dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (5/10/2023).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *