Tinjau Lokasi Pergerakan Tanah, Ini Janji Pj Bupati Bekasi Kepada Warga Kecamatan Bojongmangu

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI – Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengunjungi lokasi pergerekan tanah di Kampung Legok Cariu, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, padaJumat (15/3/2024).

Didampingi Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis dan kepala dinas lainnya, Dani memastikan upaya penanganan serta rehabilitasi bangunan terdampak pergerakan tanah.

“Kami sampaikan ke sejumlah pihak, termasuk kawasan industri Deltmas untuk melakukan rehabilitasi baik untuk rehabilitasi bangunan maupun rehabilitasi lahan,” kata Dani.

Dia melanjutkan, pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Geologi yaitu penguatan lereng maupun sistem drainasi.

Semua itu juga langsung dikerjakan dan dibantu oleh Deltamas. Sehingga upaya itu terus berlangsung agar persoalan ini dapat diatasi dengan baik.

“Kita dalam on the track dalam upa6a penanganan musibah tanah longsor akibat pergerakan tanah ini,” jelasnya.

Dani menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bekasi sebetulnya telah melakukan langkah-langkah darurat untuk menangani musibah tanah longsor tersebut. 

“Ini kejadian sebenernya sudah diantisipasi dari dinas terkait, hanya saja antisipasi atau keamanan kalah cepat dengan kondisi pergerakan tanah yang lebih masif karena memang sekarang kita sedang berada di puncak musim hujan,” ujarnya. 

Dani menuturkan, sejauh ini BPBD Kabupaten Bekasi bersama Dinas Sosial telah memberikan bantuan berupa tenda pengungsian dan sejumlah logistik untuk warga yang terdampak longsor. 

Selain itu, langkah pertama yang menjadi prioritas dari Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kabupaten Bekasi dibantu oleh Deltamas, yakni untuk penanganan amblesnya jalan.

Jalan terputus itu nantinya akan diurug dan dipasang penahan sementara sehingga bisa dilalui kendaraan yang melintas. 

“Prinsip yang kita arahkan sudah dijalankan terutama penyelamatan nyawa, alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa. Untuk transportasi tidak boleh putus walaupun kondisi jalannya terus mengalami kerusakan tetapi akan segera kita tangani secara darurat sehingga lalu lintas tetap jalan,” katanya. (MAZ)

Baca Juga  Tentukan Status Firli Bahuri, Polisi Gelar Anev, Kombes Ade Safri: Kami Update Langkah Selanjutnya

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *