Urai Kepadatan Lalin Selama Masa Mudik, Korlantas Terapkan Delay System di Merak, Ciwandan & BBJ

WARTAKOTALIVE.COM, BANTEN – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyebrangan Merak-Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten pada Kamis (14/3/2024).

Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, terkait dengan pengelolaan angkutan lebaran dan transportasi yang menuju ke pelabuhan Merak, Ciwandan, Bandar Bakau Jaya (BBJ) yang paling utama adalah sinergi dan kolaborasi.

“Untuk arus lalu lintas yang menuju ke penyeberangan baik itu Merak, Ciwandan, BBJ begitu juga di Bakauheni Lampung kita sudah siapkan mulai dari situasi yang normal pembagian untuk kendaraan ke Merak, kendaraan roda dua, kemudian ke BBJ golongan 8 dan 9 angkutan barang sudah kita siapkan,” ujar Irjen Pol Aan Suhanan dalam siaran tertulis pada Kamis (14/3/2024).

Terdapat beberapa informasi yang ada di Pelabuhan Merak Ciwandan dan BBJ yang nantinya akan dilakukan beberapa rekayasa lalu lintas terutama pada pembagian kendaraan.

“Ketika nanti ada informasi dari pelabuhan baik dari Merak Ciwandan maupun BBJ kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas, terutama pembagian kendaraan yang akan menuju Ciwandan dan BBJ ada di Cilegon Timur kita akan sharing,” tegas Kakorlantas Polri.

Ia menambahkan, ketika terjadi situasi peningkatan kendaraan, nantinya akan diterapkan delay system atau penundaan perjalanan untuk mengatur arus masuk kendaraan menuju dermaga atau pelabuhan.

“Ketika situasinya meningkat kita akan berlaku kan delaying sistem untuk mengatur kendaraan yang akan masuk ke dermaga atau pelabuhan, sehingga kita akan siapkan buffer zone (zona penyangga) di Cikuasa atas nanti ada lahan parkir di situ,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno.

Baca Juga  Ingin Rasakan Kebahagiaan, Vinessa Inez Turun Langsung Bikin Sendiri Pesta Ultah Sang Anak Tanpa EO

Dirinya menyampaikan rapat teknis yang dilakukan untuk mempersiapkan dalam menghadapi kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun 2024.

“Untuk aktivitas sama dengan tahun 2023 kita tetap menggunakan Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan dan ada Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ),” kata Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno.

“Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dikhususkan untuk kendaraan golongan 7 dan 9, di Merak angkutan penumpang dan di ciwandan sepeda motor,” tambah Hendro Sugiatno.

Hendro Sugiatno mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan akomodasi laut agar membeli tiket H-1 sebelum perjalanan.

“Untuk memperlancar pergerakan di pelabuhan saya juga mengimbau kepada masyarakat H-1 harus sudah membeli tiket, karena untuk kelancaran dalam arus mudik di pelabuhan. Ketika H-1 sudah tahu jumlah pemudik, maka antisipasi lebih mudah dilakukan di pelabuhan,” tutupnya.

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *