VIDEO Hujan Deras dan Cuaca Dingin Tak Halangi WNI Mencoblos di Roma dan Vatikan

WARTAKOTALIVE.COM–Pemungutan suara Pemilu 2024 di Indonesia secara serentak akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024. Namun, khusus bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, pencoblosan dilakukan lebih awal.

Di Roma, Italia, contohnya, pemungutan suara telah dilakukan pada Sabtu (10/2/2024). WNI yang saat ini tinggal di Roma, baik para pastor atau romo, suster, bruder maupun pelajar/mahasiswa dan warga biasa yang berdomisili di sana memberikan suara mereka di dua TPS yang berada di Roma dan Napoli.

Pemungutan suara di Roma serentak dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 09.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Menurut Ketua PPLN Roma Antonius Setya Herawan MSF, WNI sangat antusias dalam pelaksanaan Pemilu kali ini. Hal ini dibuktikan dari presentase penggunaan surat suara TPS 1 Roma yang berlokasi di Gedung serbaguna KBRI Vatikan tercatat ada 700 warga yang medaftar dan pada saat pelaksanaan pemungutan suara, lebih dari 70 persen warga hadir memberikan suaranya.

Selain itu, menurut Romo Iwan–sapaan akrab Antonius Setya Herawan–presentase penggunaan surat suara TPS 2 di Kota Napoli, lebih dari 80 persen warga hadir memberikan suara mereka dari 500 lebih warga yang terdaftar.

Romo Iwan juga menceritakan pemungutan suara di kedua TPS tersebut berjalan dengan lancar dalam suasana aman bahkan sangat meriah. WNI yang hadir bisa saling berjumpa untuk melepas rindu dan memberikan kebahagiaan.

Baca juga: Serbuan Bansos Jokowi Jelang Pilpres Dinilai Jadi Sebab Kekalahan Ganjar-Mahfud di Kandang Banteng

Di samping itu panitia penyelenggaraan juga mendapat dukungan penuh dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci (Vatikan) Trias Kuncahyono beserta staf. Bahkan Dubes juga mengizinkan teras dan gazebo Wisma Duta tempat tinggalnya sebagai tempat menunggu juga ruang pertemuan warga.

Baca Juga  Silaturahmi ke Ponpes Al Hidayah Batang, Gibran Inginkan Santri Siap Hadapi Indonesia Emas 2045

Selain itu Dubes Trias juga ikut serta menemani dan menjamu warga yang hadir bergantian, sepanjang pelaksanaan pemungutan suara.

Romo Iwan juga menyampaikan tak ada kendala teknis yang terjadi sepanjang pemungutan suara. Hanya saja ada beberapa suster yang tinggal di pulau-pulau sekitar Kota Napoli tidak bisa hadir karena cuaca buruk sehingga kapal yang menuju tempat pemungutan suara tidak bisa diberangkatkan.

Kondisi cuaca di Roma sepanjang berlangsungnya pemungutan suara diguyur hujan deras. Namun hal itu tidak menjadi penghalang warga untuk hadir ke TPS.

Baca juga: Prabowo Bakal Temui Pimpinan dan Tokoh Parpol Kubu AMIN dan Ganjar

Romo Iwan mengatakan para Pastor, suster dan bruder atau religius Indonesia di Wilayah Perwakilan RI untuk Takhta Suci (Vatikan) sangat antusias dalam mengikuti Pemilu.

Di sisi lain untuk peserta pemilu juga ada yang melaluui metode pos, khusus bagi WNI yang tinggalnya jauh dari jangkauan dua TPS tersebut di atas.

Hingga Sabtu (10/2/2024), sudah lebih dari 70 persen surat suara sudah dikirimkan kembali ke Panitia dan masih akan bertambah sampai 15 Februari mendatang. (joanita)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *